•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Senin, 15 Oktober 2012 - 17:00:11 WIB
Mountain Rescue Skill
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 365 kali

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Banyumas (DKC Banyumas) memilki 4 Unit Kegiatan yang terdiri dari 3 Unit yang sudah aktif, dan satu unit yang masih dalam tahap rintisan. Salah satu Unit Kegiatan yang dimiliki oleh DKC Banyumas adalah UBALOKA atau Unit Bantu Pertolongan Pramuka, merupakan unit kegiatan Dewan Kerja yang bergerak di bidang pertolongan dan kemanusiaan. Atau dikenal pula dengan sebutan Tim SAR Pramuka khususnya di Jawa Tengah.

Unit Kegiatan ini adalah aset Pramuka Jawa Tengah pada umumnya dan Banyumas pada khususnya dalam bidang Pengabdian Masyarakat, khususnya bidang Pertolongan dan Kemanusiaan. Apalagi UBALOKA Banyumas sendiri telah mendapat predikat Baik dan Bagus dikalangan Dinas/ Instani di Kabupaten Banyumas, setiap event kegiatan besar yang memerlukan TIM SAR, pastinya UBALOKA selalu di depan bersama Tim SAR elit lain yg ada di Banyumas untuk melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab tidak hanya sebagai TIM SAR yang melaksanakan pertolongan jika terjadi suatu bencana, namun juga  Pelayan Publik yang siap sedia setiap saat, kapanpun dan dimanapun seperti Sandi UBALOKA yaitu Yuana Pratidina Bhakti Yojana.

Melihat kondisi kebutuhan di Kabupaten Banyumas terhadap UBALOKA, maka DKC Banyumas melalui Pengurus UBALOKA mengadakan Latihan Peningkatan Kemampuan untuk Anggota UBALOKA dengan tajuk Mountain Rescue Skill. Kegiatan latihan ini diadakan pada tanggal 13-14 Oktober 2012 bertempat di MAKO UBALOKA yang ada di SBP Kwartir Cabang Banyumas dan sekitarnya. Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua DKC Banyumas Kak Anggita Irmasari, dalam sambutanya, Kak Gita (sapaan
Kak Anggita Irmasari) menegaskan bahwa kegiatan ini adalah ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara anggota UBALOKA dan DKC Banyumas, meningkatkan skill anggota UBALOKA serta Merefresh kembali materi yang pernah didapatkan Anggota UBALOKA pada saat Galdi Tangguh. Usai pembukaan Wakil Komandan UBALOKA Banyumas, Kak Nuzul memberikan pengarahan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan dan kemampuan Anggota UBALOKA dalam melaksanakan pelayanan,Khususnya di bidang dengan spesifikasi Mountain Rescue.

Latihan Peningkatan Kemampuan ini adalah latihan yang ke dua di tahun 2012. Di Dalam latihan, Anggota UBALOKA diberikan materi yang berhubungan dengan Mountain Rescue atau SAR Gunung dan Rimba berupa Ilmu Medan Peta dan Kompas, Mountainering, Operasi SAR, Explore Search And Rescue dan sedikit materi struktur organisasi UBALOKA Banyumas. Materi yang diberikan berupa teori pada Hari Sabtu sore sampai malam, kemudian dilanjutkan dengan praktek berupa simulasi pada Hari Minggu. Simulasi pada hari Minggu adalah simulasi gabungan dari materi-materi yang telah diberikan sebelumnya. Dimana Anggota UBALOKA diberi soal untuk mencari titik koordinat di peta, kemudian anggota UBALOKA harus berjalan kaki menuju ke titik yang telah ditentukan lewat soal tadi dengan memanfaatkan peta dan kompas untuk mencapai tempat yang dituju. Sesampainya di tempat tujuan, anggota UBALOKA melaksanakan praktek mountainering berupa pemasangan instalasi Repling, dan melaksanakan Repling,  Repling Malam serta menaiki jembatan dengan satu tali atau yang dikenal dengan nama Single Roop Technic (SRT). Instruktur dalam kegiatan ini mengambil dari intern angota DKC Banyumas yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Kegiatan ditutup pada Hari Minggu tanggal 14 Oktober 2012 oleh Komandan UBALOKA Banyumas, Kak Kuswanto.  Latihan ini diharapkan dapat menjadikan anggota UBALOKA bertambah kemampuan dan ilmunya serta agar anggota UBALOKA yang telah mendapatkan materi latihan untuk selalu dipelajari, ditingkatkan dan di tularkan kepada orang lain sesuai dengan kemampuan.

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :