•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Kamis, 18 Oktober 2012 - 10:32:48 WIB
JOTA dan JOTI Nasional
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Abdimas - Dibaca: 360 kali

Mungkin Bagi para Anggota Pramuka sudah tidak asing lagi dengan istilah JOTA dan JOTI. JOTA adalah akronim dari Jamboree On The Air, sedangkan JOTI adalah Jamboree On The Internet. Kata jambore disini tidak jauh berbeda dengan kata jambore secara umum, yaitu pertemuan atau perkumpulan besar. Biasanya kegiatan Jambore identik dengan perkemahan, semisal Jambore Ranting sampai Jambore Dunia. Nah untuk JOTA dan JOTI berbeda dengan Jamboree pada umumnya.

JOTA adalah kegiatan Jambore di udara (Inggris=Air.red) lewat media radio komunikasi amatir. Dalam JOTA ini anggota Pramuka dapat berkomunikasi dengan anggota Pramuka di daerah yang lain dengan aturan yang sudah di te komunikastapkan oleh organisasi  radio amatir (ORARI atau RAPI). Sedangkan JOTI adalah kegiatan jambore di dunia maya atau internet, media yang digunakan biasanya adalah aplikasi chatting dekstop seperti MIRC, PIdgin dan lain-lain, atau menggunakan media chatting di jejaring sosial seperti di Facebook.

Jota dan Joti Nasioanal setiap tahun dilaksanakan dua kali, yaitu pada bulan Agustus dan Oktober. Pada Bulan Agustus biasanya bersamaan dengan JOTA dan JOTI se-Asia Pasifik, sedangkan pada Bulan Oktober bersamaan dengan JOTA dan JOTI Dunia.Kwartir Cabang Banyumas pada Bulan Agustus telah mengikuti JOTA dan JOTI Nasional, kini pada Bulan Oktober akan kembali mengikuti JOTA Nasional ke-72 dan JOTI Nasional ke-30 bertepaan dengan 55th Jamboree On The Air and 16th Jamboree On The Internet, mengambil tempat kegiatan di Sekretariat Lokat (Setlok) ORARI Banyumas. Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober 2012.

Manfaat dari kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi antar anggota Pramuka di seluruh NKRI, selain itu kegiatan ini bisa dijadikan ajang belajar tentang seluk beluk komunikasi radio amatir. Meski kemajuan teknologi komunikasi melalui telepon selular sudah sangat maju, namun komunikasi lewat radio amatir masih sangat diperlukan, terutama jika mengalami keadaan darurat, serta murah karena tidak memakai pulsa seperti telepon selular. Panduan JOTA dan JOTI dapat di download Di Sini

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :