•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Selasa, 23 Oktober 2012 - 19:17:50 WIB
Pelaksanaan JOTA dan JOTI
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 585 kali

YANGKEE CHARLIE TWO ZULU JULIET ALPHA...DISINI YANGKEE CHARLIE TWO ZULU JULIET CHARLIE...
 
Selama 3 hari dari tanggal 29-21 Oktober terdengar suara seperti diatas, pada kegiatan JOTA dan JOTI. Dua buah kegiatan yang merupakan perpaduan antara teknologi yang dianggap lama dan teknologi yang dianggap baru. JOTA adalah kegiatan Jamboree yang dilaksanakan dengan menggunakan alat komunikasi radio amatir. Sedangkan JOTI menggunakan media internet (live chatting).
 
Kegiatan JOTA/JOTI pada bulan Oktober ini bertepatan dengan pelaksanaan JOTA dan JOTI Dunia yang berlangsung pada tanggal 20-21 Oktober 2012. Kwartir Cabang Banyumas dalam rangka berpartisipasi di kegiatan tersebut mendirikan stasiun JOTA yang berlokasi di Sekretariat Lokal ORARI Banyumas. Dengan QSL info Stasiun JOTA Kwartir Cabang Banyumas, Penanggungjawab Stasiun Kak Prahatro dengan Callsign YB2BZ (dibaca Yangkee Bravo Two Bravo Zulu). Callsign untuk stasiun JOTA sendiri adalah YC2ZJC (dibaca Yangkee Charlie Two Zulu Juliet Charlie).
 
Saat berkomunikasi ada beberapa informasi yang wajib di sampaikan. Info tersebut dinamakan QSL info, yang memuat nama dan alamat stasiun JOTA, Penanggungjawab Stasiun JOTA, Pesawat Radio yang digunakan, serta tambahan info lainya seperti antena yang digunakan serta kuat sinyal yang kita terima dari lawan bicara. Semua informasi tersebut nantinya dimasukkan kedalam tabel yang disebut Logsheet. Setelah kegiatan berakhir kita bisa saling mengirimkan kartu post yang disebut QSL Card sebagai bukti persahabatan dan bukti bahwa kita telah berkomunikasi dengan salah satu stasun JOTA tertentu.
 
Menurut peserta, JOTA yang menggunakan alat komunikasi radio cukup ribet, karena harus bergantian dan banyak aturan yang harus ditaati dalam berkomunikasi, terutama harus menghafalkan nama alphabet internasional yang berlaku di komunikasi amatir radio mulai dari Alpha (untuk huruf A) sampai Zulu (untuk huruf Z). Namun dibalik ribetnya cara berkomunikasi amatir radio , tanpa sadar kita akan dilatih kesabaran serta dilatih untuk dapat mendengarkan orang lain berbicara, membantu pula melatih konsentrasi peserta. Selain itu dapat menambah teman dari berbagai daerah serta bertukar informasi dengan Anggota Pramuka lain di luar daerah kita.
 
Lalu bagaimana dengan JOTI? Dalam kegiatan JOTI juga tetap ada aturan dalam berkomunikasi menggunakan media live chating yang mengandalkan komunikasi text. Aturan penulisan (etika penulisan) di dunia internet tetap berlaku. Seperti halnya JOTA, JOTI juga melatih kesabaran, ketelitian serta disiplin diri dalam mematuhi aturan dalam berkomunikasi. Akan tetapi JOTI lebih mudah karena bisa dilaksanakan di mana saja selama ada jaringan internet. Sedangkan JOTA harus dilaksanakan di Stasiun JOTA yang resmi ditunjuk ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) maupun Kwartir Gerakan Pramuka karena terkait callsign di Amatir Radio yang tidak sembarangan orang punya dan bisa menggunakan.
 
Selain manfaat seperti diatas, kita juga dapat mengenal tata cara komunikasi  radio yang pernah populer puluhan tahun yang lalu dengan nama keren brik-brikan. Saat itu telepon rumah maupun handphone belum populer di Indonesia. Meskipun sudah mulai tergeser dengan hadirnya telepon seluler dan internet sebagai media komunikasi yang lebih modern dan mudah, komunikasi radio  masih menjadi primadona di beberapai kalangan sebagai komunikasi alternatif dan hobi. Selain itu komunikasi radio juga berfungsi sebagai bantuan komunikasi (bankom) diberbagai kegiatan baik sipil maupun kemiliteran termasuk kegiatan SAR. Komunikasi radio juga berfungsi sebagai cadangan komunikasi nasional jika di suatu tempat terjadi bencana atau perang, diamana sering terjadi komunikasi melalui telepon terputus, nah komunikasi radiolah yang berperan sangat besar dalam menangani masalah komunikasi.
 
YANGKEE CHARLIE TWO ZULU JULIET ALPHA...DISINI YANGKEE CHARLIE TWO ZULU JULIET CHARLIE STANDBY....

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :