•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Rabu, 24 Oktober 2012 - 23:35:35 WIB
Gladian Pimpinan Satuan Tahun 2012
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Kajpram - Dibaca: 880 kali

Fenomena Kepramukaan di Banyumas bahkan mungkin di luar Banyumas sekarang ini adalah sedang adanya pergantian kepemimpinan di satuan. Terutama yang banyak termonitor adalah satuan Dewan Ambalan yang setiap tahun berganti kepengurusan. Menurut hasil monitoring Dewan Kerja Ranting di jajaran Kwartir Cabang Banyumas juga tidak jauh berbeda dengan Dewan Ambalan. Banyak DKR yang menjabat sekarang adalah DKR baru. Fenomena ini sangat wajar, karena fenomena ini adalah salah satu proses kaderisasi kepemimpinan guna membentuk suatu tatanan organisasi yang dinamis dan maju.

Hal yang paling  disorti dalam fenomena pergantian kepengurusan adalah pemimpin satuan tersebut. Pimpinan satuan pastinya adalah orang yang terpilih dan dirasa mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan disuatu satuan. Seorang pemimpin harus bisa mengelola sumberdaya manusia yang ada di satuannya dengan kepemimpinanya. Namun tidak semua pemimpin mampu melaksanakan hal tersebut karena jiwa kepemimpinan yang baik tidak semua orang memilikinya. Tetapi semua orang memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin. Semua satuan di Gerakan Pramuka adalah wadah kaderisasi kepemimpinan, yang bertujuan mencetak pemimpin-pemimpin bangsa dimasa mendatang. Berdasarkan fenomena yang ada saat ini, Kwartir Cabang Banyumas c.q Dewan Kerja Cabang Banyumas akan mengadakan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan atau dikenal dengan DIANPINSAT.

Gadian Pimpinan Satuan adalah kegiatan pelatihan bagi para pemimpin satuan, baik satuan Dewan Ambalan Penegak, Dewan Racana Pandega, Dewan Saka, maupun Dewan Kerja. Kegiatan ini dikhususkan untuk para pemimpin satuan, dimana di dalam kegiatan ini peserta akan dibekali berbagai materi mulai dari kepemimpinan, bagaimana mengelola satuan, sampai dengan administrasi baik teori maupun praktek serta studi kasus. Tidak ketinggalan pula materi yang berhubungan dengan Kajian Kepramukaan. Semua hal tentang pengelolaan satuan akan diberikan, karena seorang pemimpin harus memiliki pandangan luas, minimal tahu seluk beluk satuanya meski tidak mahir.

Kegiatan yang rencananya akan dihelat pada tanggal 15-18 November 2012 ini bertempat di Asrama Balai Benih Ikan Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas (BBI Singasari). Pemilihan lokasi kegiatan memperhatikan aspek kenyamanan peserta kegiatan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta serta meninggalkan kesan yang dalam.

Logo Dianpinsat bisa di Downlad di SINI
Edaran Dianpinsat bisa di download di SINI

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :