•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Kamis, 01 November 2012 - 09:48:45 WIB
Apel Besar Penanggulangan Resiko Bencana
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Abdimas - Dibaca: 536 kali

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia adalah gudangnya bencana. Segala macam bencana ada di Indonesia termasuk dengan kerawananya. Oleh Karena itu Indonesia mendapat julukan sebagai supermarket bencana, ada pula yang menyebut Indonesia sebagai Etalase Bencana. Begitu pula di Banyumas, potensi bencana cukup banyak, mulai dari gunung berapi, tanah longsor, sampai dengan banjir.

Kabupaten Banyumas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas hari ini tanggal 1 November 2012 melaksanakan Apel Besar dalam rangka bulan Pengurangan Resiko Bencana. Apel dimulai pukul 07.30 WIB , dihadiri oleh dinas/instansi yang terkait, unsur TNI/ Polri serta organisasi peduli bencana dan potensi SAR di Kabupaten Banyumas. Sebagai pembina apel adalah bapak Bupati Banyumas Drs. H. Mardjoko, MM.

Dalam apel ini, Bupati Banyumas menekankan manajemen organisasi yang modern kepada semua unsur terkait, dan juga agar waspada terhadap datangnya musim hujan dan meningkatkan koordinasi antar instansi terkait. Pemetaan daerah rawan bencana juga tidak luput dari perhatian Bapak Bupati Banyumas. Beliau berpesan bahwa unsur-unsur di seperti perangkat Desa, Kepala Desa, dan Camat adalah garda terdepan dalam pendataan potensi bencana, karena yang mengetahui kondisi real di lapangan adalah para perangkat desa dan camat. Terakhir Bapak Bupati Banyumas menghimbau agar BPBD Kabupaten Banyumas, Asisten Pemerintahan dan unsur Desa dan Kecamatan mengadakan rapat tentang pemetaan daerah rawan bencana.

Di sela-sela apel, Bapak Bupati Bupati Banyumas juga menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada desa-desa yang diserahkan kepada perwakilan dari UBALOKA dan Hansip Linmas TRC. Tujuan dari pemberian bantuan ini  agar bibit tanaman tersebut di tanam guna mencegah erosi dan tanah longsor jika terjadi hujan, yang termasuk dalkam unsur pengurangan resiko bencana.

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :