•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Kamis, 27 Desember 2012 - 19:52:08 WIB
Gladi Tangguh UBALOKA 2012 Sukses
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 63 kali

Rangkaian kegitan Gladi Tangguh UBALOKA Kwartir Cabang Banyumas angkatan ke-12 telah selesai dengan sukses dilaksanakan oleh DKC Banyumas pada tanggal 25 Desember 2012 bertepatan dengan perayaan Hari raya Natal 2102. Sekitar sembilan hari calon Anggota UBALOKA di gembleng baik mental, fisik, dan materi untuk dapat menjadi bagian dari keluarga besar Korps UBALOKA Kwartir Cabang Banyumas pada khususnya dan Korps UBALOKA Jawa Tengah pada umumnya.

Kegiatan Gladi Tangguh UBALOKA Kwartir Cabang Banyumas sendiri dibagi dalam 2 Tahap, yaitu Latihan Dasar (Latsar) pada tanggal 15-16 Desember 2012 dan 18-19 Desember 2012. Tahap kedua atau yang disebut Latihan Berganda (Latganda) pada tanggal 21-25 Desember 2012. Sebelumnya telah dilaksanakan seleksi pada tanggal 24-25 November 2012.

Pada Latsar pertama tanggal 15-16 Desember 2012, peserta mendapatkan materi Sejarah UBALOKA dari Kak Haryo (Anggota DKD Jateng), Shelter dan Teknik Packing dari Komandan UBALOKA Banyumas, Organisasi Penanggulangan Bancana dari Kak Yunianto selaku Kepala Harian BPBD Kabupaten Banyumas dan Komunikasi SAR dari ORARI Lokal Banyumas bertempat di SBP Kwarcab Banyumas. Sedangkan pada Latsar kedua peserta Gladi Tangguh mendapatkan materi Pertolongan Pertama dari Instruktur PMI Cabang Banyumas serta Teori dan Praktek SAR Air dari Kakak Instruktur SAR Brimob Subden 3 Den B Pelopor Purwokerto yang dilaksanakan di Pusdiklatcab Buper Kendalisada Kwarcab Banyumas.


      

Peserta Gladi Tangguh Sedang melaksanakan Praktek SAR Air
  dan Pertolongan Pertama


Rangkaian Kegiatan dilamnjutkan dengan Latganda yang dilaksanakan pada tanggal 21-25 Desember 2012. Kegiatan Latganda ini di buka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Banyumas Kak Didi Rudwianto, disela-sela upacara pembukaan dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima peserta dari Ketua Kwarcab Banyumas kepada koordinator Instruktur SAR Brimob yaitu dari Kak Didi Kepada Kak Bripka Suprapto. Dalam rangkaian Latganda ini peserta Gladi Tangguh dibekali materi Pemadam Kebakaran baik teori maupun Praktek oleh Instruktur dari UPT Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Banyumas. Kemudian dilanjutkan dengan materi teori Navigasi Darat, ESAR, Mountainering dan Survival oleh Instruktur SAR Brimob. Setelah melaksanakan Praktek Mountainering pada tanggal 22 Desember 2012 yang bertempat di Mako Brimob Subden 3 Den B Pelopor, peserta menuju ke perbukitan selatan Gunung Slamet, tepatnya di hutan daerah pekajen untuk melaksanakan praktek survival selama dua hari. Dalam Survival ini peserta melaksanakan beberapa kegiatan seperti praktek navigasi darat, praktek ESAR (Pencarian Korban), dan praktek mencari bahan makanan yang tersedia di hutan. Setelah melaksanakan Praktek Survival, berjalan kaki dari pekajen sampai SBP Kwarcab Banyumas.


    

Tos Komando Antara Kak Didi dengan Kak Suprapto

Rangkaian Kegiatan Gladi tangguh UBALOKA Tahun 2012 di tutup secara resmi oleh Kak Didi. Sebelum Kak Didi menutup secara resmi kegiatan ini, dilaksanakan pelantikan anggota UBALOKA Banyumas Angkatan Ke-12. Dari total 74 peserta seleksi, 40 Orang dinyatakan lolos seleksi. Namun seiring berjalannya waktu terjadilah seleksi alam, dari 40 orang yang lolos seleksi, hanya 37 orang yang mengikuti rangkaian Gladi Tangguh sampai akhir. Dari 37 peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan ini, 33 peserta dinyatakan Lulus dengan hasil baik, 4  Peserta yang lulus bersyarat, dan 3 Peserta dinyatakan tidak lulus. Dalam sambutannya, Kak Didi berpesan kepada seluruh anggota yang telah dilantik agar selalu siap sedia setiap saat dan mengembangkan kemampuan.

     

Praktek Damkar dan Mountainering

     

Praktek Survival, Navigasi Darat dan Pencarian Korban (ESAR)



Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :