•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Minggu, 30 Desember 2012 - 00:29:30 WIB
Sidang Paripurna Cabang Banyumas Tahun 2012
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 1149 kali

Di penghujung tahun 2012 ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Banyumas mengadakan kegiatan evaluasi kinerja selama tahun 2012 serta menyusun program kerja untuk tahun 2013 yang disebut Sidang Paripurna Cabang atau yang sering dikenal dengan SIDPARCAB. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap akhir tahun selain sebagai ajang evaluasi kinerja dan menyusun program kerja, juga sebagai ajang silaturahmi antara Dewan Kerja Cabang (DKC) dengan Dewan Kerja Ranting (DKR) di wilayah kerja Kwartir Cabang Banyumas serta sebagai ajang musyawarah. Tercatat ada 15 Dewan Kerja Ranting (DKR) perutusan dari Kwartir Ranting sebegai peserta sidang dan seorang narasumber dari Anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) 11 Jawa Tengah.

Kegiatan SIDPARCAB tahun 2012 ini dilaksanakan pada Hari Sabtu 29 Desember 2012 di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang dan dibuka secara resmi oleh Kak Pudjatman Agung Nugroho,SE selaku Waka I Binamuda mewakili Ketua Kwartir Cabang Banyumas yang berhalangan hadir didampingi oleh Kak Diah selaku Andalan Cabang Urusan Pramuka Penegak Dan Pandega. Dalam laporanya, Kak Doni Kristiyono selaku Ketua Sangga Kerja SIDPARCAB Tahun 2012 menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang evaluasi kinerja Dewan Kerja Cabang Banyumas agar kinerja DKC Banyumas kedepan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya serta bersama-sama menyuysun program kerja DKC Banyumas tahun 2013.

Acara Sidang diawali dengan Sidang Pendahuluan yang dipimpin oleh 3 pimpinan sidang. Kak Anggita Irmasari (Ketua DKC) sebagai Ketua Sidang, Kak Doni Kristiyono (Waka DKC) sebagai Wakil Ketua Sidang, dan Kak Ufuk Nurwilastri,S.SiT (Sekretaris I DKC) sebagai Sekretaris Sidang pendahuluan. Agenda yang dibahas pada sidang pendahuluan adalah Rancangan Agenda Sidang, Tata Tertib Sidang, Penetapan Kuorum serta pembentukan tim Presidium.

Agenda sidang setelah Sidang Pendahuluan adalah Sidang Pleno I yang di pimpin oleh Presidium. Dalam sidang ini dilaksanakan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban kinerja DKC Banyumas Tahun 2012 oleh Kak Nuryanto,A.Md selaku Ketua DKC Banyumas yang menjabat pada Tahun 2012, dilanjutkan dengan pandangan umum, pengesahan Laporan Pertanggungjawaban serta pembentukan Komisi. Komisi yang dibentuk ada dua, yaitu Komisi A Bidang Organisasi dan Komisi B Bidang Kegiatan. Sidang dilanjutkan dengan pembahsasan organisasi dan kegiatan oleh masing-masing komisi, dilanjutkan dengan paparan hasil sidang komisi dan pengesahan hasil sidang komisi.

Sidang Paripurna Cabang Karcab Banyumas tahun 2012 di tutup oleh Kak Anggita Irmasari. Dalam sambutanya, Kak Gita (sapaan akrab Kak Anggita) mengucapkan terima kasih kepada anggota DKR yang berkenan hadir dalam SIDPARCAB kali ini, dan mengharapkan parisipasi aktif seluruh DKR se- Kwartir Cabang Banyumas.


    Pelantikan Dewan Kerja Cabang Banyumas Masa Bhakti Antar Waktu 2011-2016

Sebelum Kak Agung (sapaan akrab Kak Pudjatman Agung Nugroho) membuka secara resmi kegiatan SIDPARCAB Tahun 2012, diadakan pelantikan anggota baru Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Banyumas Masa Bhakti Antar Waktu 2011-2016. Pada akhir tahun 2012 ini DKC Banyumas mengadakan resufle dan mutasi anggota, karena sejumlah 7 orang anggota DKC Banyumas kehilangan hak dan kewajiban sebagai Dewan Kerja dikarenakan faktor usia serta mengundurkan diri karena faktor kesibukan study. Dalam kesempatan ini Kak Agung yang mewakili Ketua Kwartir Cabang Banyumas melantik 5 orang Pramuka Penegak Banyumas untuk menjadi bagian dari Dewan Kerja Cabang Banyumas. Lima Pramuka yang dilantik adalah Kak Tomi Luqman Hakim, Taufiq Sokhiful Azhar, Fika Cahya Ningrum, Asih Pinuji Rahayu dan Kak Diana Dwi Putra. Namun yang hadir dalam pelantikan hanya 4 orang dikarenakan satu orang yaitu Kak Diana Dwi Putra sedang mengikuti pendidikan Gladi Mantap UBALOKA di Semarang sehingga berhalangan hadir. Sedangkan yang purna tugas adalah Kak Nuryanto, A.Md., Kak Kuswanto, Kak Ariesma Setyarum,S.Pd., Kak Ika Oksi Susilawati,S.Si, Kak Arbina Satria Afiatan, Kak Yudhita Nindya K.R, dan Kak Fani Suciyati.

Dalam sambutanya, Kak Agung mengucapkan terimakasih kepada DKC Banyumas yang telah menjalankan mekanisme organisasi serta kaderisasi anggota Dewan Kerja Cabang Banyumas dengan baik, hal ini mengacu kepada dilantiknya anggota DKC Banyumas yang baru sebagai bukti kaderisasi yang berjalan baik. Kak Agung menyatakan pula penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DKC Banyumas yang telah purnaserta mengharapkan agar anggota DKC Banyumas yang telah purna tetap mneruskan darma baktinya di Gerakan Pramuka meski sudah tidak lagi menjadi anggota DKC Banyumas.


   Pengumuman Kejuaraan Lomba DKR Tergiat dan Lomba Menulis Artikel

Setelah upacara Pembukaan SIDPARCAB Tahun 2012 usai, diadakan acara tambahan yaitu pengumuman kejuaraan Lomba DKR Tergiat Tahun 2011 dan Lomba Menulis Artikel Pramuka tahun 2012. Untuk Lomba DKR Tergiat Tahun 2011 kali ini sebagai Tergiat I adalah Dewan Kerja Ranting Lumbir menggeser Juara bertahan Dewan Kerja Ranting Sumpiuh yang turun ke posisi Tergiat II. Sedangkan posisi Tergiat III di tempati oleh Dewan Kerja Ranting Kedungbanteng yang pada tahu sebelumnya menempati posisi Tergiat II. Sedangkan untuk Lomba Penulisan Artikel Pramuka sebagai Juara I adalah Kak Sutrimo Purnomo, Juara II Kak Nidaul Azizah dan Juara III adalah Kak Asyifah Nur Hidayati yang ketiga-tiganya perutusan dari pangkalan STAIN Purwokerto.

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :