•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Rabu, 09 Januari 2013 - 14:52:22 WIB
Donor Darah Sukarela Periode Januari 2013
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Abdimas - Dibaca: 680 kali

Mengawali kegiatan di tahun 2013 ini, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Banyumas melaksanakan Kegiatan Donor Darah Suka Rela dalam rangka menyambut Tahun Baru 2013 yang dilaksanakan pada hari ini (tanggal 9 Januari 2013). Seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan ini berpusat di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang Banyumas.
 
Dalam Kegiatan Donor Darah Periode Januari 2013 kali ini dihadiri oleh tiotal 37 pendonor yang berasal dari Anggota DKC banyumas, Staf Kwarcab Banyumas, Kepolisian Resort Banyumas, Anggota Unit Kegiatan, serta dari Dinas Instansi. Kegiatan di buka mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB dengan menghasilkan sebanyak 25 Kantong darah dari 37 Pendonor yang hadir.
 
Kegiatan Donor Darah Periode Januari 2013 yang dilaksanakan olek Kwartir  Cabang Banyumas c.q Dewan Kerja Cabang Banyumas mendapat apresiasi yang cukup baik dari Kepolisian Resort Banyumas, terbukti dengan banyaknya peserta donor yang berasal dari kakak-kakak Polisi dari Kepolisian Resort Banyumas sebanyak 22 Personil.
 
    
 
Proses Daftar Ulang dan Pemeriksaan Kondisi Pendonor
 
Kwartir Cabang Banyumas kembali menjadi tempat percobaan program baru dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Banyumas. Setelah pada periode Donor Darah Periode Oktober 2012 Unit Transufi Darah PMI Cabang Banyumas mencoba armada baru berupa Bus khusus untuk pengambilan darah di Kwartir Cabang Banyumas, pada periode kali ini UTD PMI Cabang Banyumas juga mencoba program baru terkait bingkisan yang diterima oleh pendonor. Sebelumnya UTD PMI Cabang Banyumas memberikan bingkisan berupa minuman berupa susu cair, kali ini  UTD PMI Cabang Banyumas mencoba mengganti dengan minuman pengganti Ion tubuh. Menurut Petugas Donor Darah, penggantian ini dilakukan agar sesuai dengan kondisi tubuh pendonor setelah darahnya diambil, yaitu mengganti cairan tubuh pendonor. Selain itu petugas juga menyampaikan kalau program ini baru dilaksanakan di Kwartir Cabang Banyumas yang nantinya akan menjadi barometer untuk di terapkan pada penyelenggaraan donor darah yang dilaksanakan Dinas/ Instansi yang lain.
 
    
 
Proses Pengambilan Darah
 

Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :