•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Minggu, 28 April 2013 - 15:58:29 WIB
Kembangkan Potensi Banyumas Melalui Unit Jurnalistik
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 4036 kali

 

Selama ini masyarakat menganggap Pramuka atau Kepramukaan adalah sebuah kegiatan yang membosankan, kegiatan dimana peserta didiknya menghabiskan waktu di bawah terik matahari dan “dimarahi” oleh kakak-kakak pembina. Namun faktanya pada saat ini, kepramukaan telah menjadi kegiatan yang mengasyikan, bermanfaat bahkan menjadi salah satu organisasi pencetak generasi muda terbaik sepanjang masa. Lalu mengapa masyarakat tidak mengetahui nilai positif kepramukaan sekarang ini? Ya, jawabannya adalah karena kurangnya pemberitaan dan penyebarluasan tentang kegiatan-kegiatan yang bernilai positif dari para Pramuka Indonesia. Oleh karena itu, demi kemajuan Gerakan Pramuka dan usaha untuk meningkatkan citra positif di mata masyarakat, Kwartir Cabang Banyumas c.q Dewan Kerja Cabang membentuk unit kegiatan kehumasan yang dinamakan Unit Jurnalistik.

Rekrutmen anggota diawali  dengan pelaksanaan Diklat Unit Jurnalistik yang diadakan pada tanggal 22 s.d 24 Februari 2013 bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas. Peserta berjumlah 15 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa pangkalan SMA/SMK/MA, Perti dan Kwarran di wilayah Kwartir Cabang Banyumas. Kak Pudjatman Agung Nugroho (Waka I Bidang Binamuda) dalam sambutanya pada pembukaan Diklat Unit Jurnalistik menyatakan Jurnalistik merupakan salah satu kegiatan yang penting, melalui kegiatan tersebut Gerakan Pramuka dapat mempublikasikan kegiatan-kegiatan Pramuka ke khalayak umum. Materi yang disampaikan meliputi Dasar-Dasar Jurnalistik oleh Kak Musmuallim, S.Pd.I, Menulis Berita dan Reportase oleh Kak Hanan Wiyoko, S.IP (wartawan Tribun Jogja), Fotografi oleh Kak Idhad Zakaria (fotografer Antara dan Satelit Post), Desain Layout oleh Kak Puji Sarwono dan Media Berita Online DKC Banyumas oleh Kak Nuzul Wahyudi (DKC Banyumas) dan Selayang Pandang Kwartir Cabang Banyumas oleh Kak Anggita Irmasari (DKC Banyumas). Pada hari terakhir kegiatan Diklat Jurnalistik diadakan simulasi pembuatan media cetak untuk mengaplikasikan materi yang telah didapatkan. Peserta Diklat dibagi menjadi dua kelompok redaksi yang diterjunkan langsung ke lapangan untuk meliput berita di sekitar GOR Satria Purwokerto. Melalui kegiatan tersebut peserta akan terlatih dalam menguak fakta di lingkungan mereka.

Harapan dari pelaksanaan Diklat Unit Jurnalistik adalah terbentuknya satuan unit kegiatan yang dapat mempublikasikan kegiatan kepramukaan di wilayah Kwartir Cabang Banyumas. Melalui media informasi yang diterbitkan diharapkan dapat membuka mata masyarakat bahwa banyak nilai positif dan manfaat yang didapatkan dari kegiatan kepramukaan. Oleh : SMA N Sokaraja


Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :