•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Sabtu, 08 Agustus 2015 - 19:36:52 WIB
PASUKAN TUNAS MUDA KWARCAB BANYUMAS TERBENTUK
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Giatpram - Dibaca: 309 kali

Pasukan Tunas Muda (PTM) merupakan Pasukan Elit Kwarcab Banyumas yang bertugas sebagai pengibar bendera dalam rangka apel besar Hari Pramuka tingkat Kabupaten Banyumas. Setiap tahunnya Pramuka penegak berlomba untuk menjadi anggota pasukan ini.

Tahun ini sebanyak 191 anggota pramuka penegak dari berbagai sekolah SMA, SMK dan MA di Kabupaten Banyumas mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Tunas Muda (seleksi CATA PTM), yang dilaksanakan di Komplek Sanggar Bakti Pramuka Jln. Prof Suharso Komplek GOR Satria Purwokerto, Jum’at (6/8). Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas bersama Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Banyumas.

Kegiatan berlangsung selama satu hari penuh itu bertujuan menyiapkan Petugas Pengibar Bendera dan Petugas Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun Pramuka ke-54 Tahun 2015.

Diana Dwi Putra dari DKC mengatakan bahwa materi seleksi terdiri dari Peraturan Baris Berbaris, fisik dan jasmani seperti push up, sit up dan lari mengelilingi GOR selama 12 menit, teknik kepramukaan dan pengetahuan umum serta interview. ”Peserta juga wajib memenuhi persyaratan khusus misalnya tinggi badan putra minimal 165 cm dan putri 160 cm, serta berbadan sehat,” lanjut Diana.

Untuk memenuhi ketentuan diatas semua peserta diwajibkan mengikuti seleksi adminitrasi dan kesehatan yang semuanya sudah disiapkan oleh penyelenggara di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan, petugas timbang dan tinggi badan dan lainya yang berasal dari Dewan Kerja Cabang serta Purna PTM.

Diana melanjutkan tujuan dari seleksi ini adalah untuk mempersiapkan fisik dan mental Calon Anggota PTM nantinya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Apabila anggota PTM tidak memiliki fisik yang prima tentu akan mempengaruhi pada tugas yang dibebankan. Pada seleksi ini terlihat calon peserta yang tidak memiliki stamina bagus. ”Sehingga tidak sedikit yang kecapaian saat dilaksanakan kegiatan,” lanjut Diana.

Sekeksi PTM kali ini dibawah pengawasan Tim Pelatih yang diketuai oleh Serma Supriyadi. Supriyadi mengatakan seleksi ini akan memilih 34 Calon Anggota PTM. Selanjutnya ada tambahan tiga anggota masing-masning 1 pramuka siaga, penggalang dan pendega melalui seleksi yang berbeda.

Humas Kwarcab Banyumas

Seleksi PTM Tertulis

Seleksi Tertulis

 

pbb

Tes Kemampuan Baris Berbaris

 

jasmani

Tes Kebugaran Jasmani

 

wawancara

Wawancara Penggalian Minat dan Bakat


Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :