•  
  • KSATRIA KENDALISADA
Selasa, 27 September 2016 - 13:31:14 WIB
Gladi Tangguh Ubaloka XVI Kwarcab Banyumas
Diposting oleh : DKC Banyumas
Kategori: Bidang Abdimas - Dibaca: 351 kali

BANYUMAS : Korps Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) DKC Banyumas, akan menambah anggotanya. Pramuka penegak dan pandega yang ingin bergabung diwajibkan melalui seleksi terlebih dahulu. Ketua DKC Banyumas Diana Dwi Putra, Jum’at (23/9/2016) mengatakan calon relawan Pramuka itu harus memenuhi berbagai persyaratan, baik administrasi, kesehatan dan juga fisik. “Para peserta diwajibkan tes jasmani atau kesamaptaan dengan berlari lapangan selama 12 menit dilanjutkan dengan push up dan set up masing-masing 1 menit. Hal ini wajib mereka ikuti karena menjadi salah satu syarat. Kemudian ada tes wawancara dan berenang sehari sebelumnya. Mereka juga di cek tentang kesehatan diri” jelasnya.

Fisik dan mental, anggota Korps Ubaloka diwajibkan selalu prima. “Bagaimana mereka akan membantu dan menolong orang lain, jika mereka tidak memiliki fisik yang kuat” kata Diana. Diana menambahkan setelah lolos sekeksi, peserta akan mengikuti pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang dinamakan Gladi Tangguh Ubaloka. “Karena mereka sebagian besar masih pelajar dan mahasiswa pelatihan dilakukan secara bertahap, dan nantinya akan mengikuti pelatihan berlanjut” jelasnya. Sedangkan Komandan Ubaloka Doni Damara Triswidiyan, mengatakan bahwa seleksi akan dilaksanakan selama dua hari. Test Renang akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 30 September 2016 bertempat di Kolam renang Langen Tirto dan serangkaian test lainnya dilaksanakan Sabtu, 1 Oktober 2016 di GOR Satria dan Kwarcab Banyumas oleh DKC bersama Brimob Sub Den 3 Pelopor Purwokerto.

“Kami sudah mengirim surat ke pangkalan-pangkalan, selain memenuhi syarat administrasi dan lolos seleksi, calon peserta yang memiliki riwayat penyakit kronis dan pernah patah tulang sebaiknya sejak awal tidak mendaftar, karena tugas Ubaloka sangat berat,” kata Doni. Untuk mendapatkan informasi dan keterangan lebih lanjut, Doni membuka kesempatan calon peserta berkomunikasi lewat dirinya “Informasi lebih lanjut bisa menghubungi hp saya nomor 085842127923,” katanya. Doni mengatakan Korps Ubaloka memiliki semboyan atau motto yang biasa disebut sebagai Amsal Ubaloka, yaitu Yuana Pratidina Bhakti Yojana. “Yuana” mempunyai makna anak muda yaitu pramuka anggota Ubaloka, “Pratidina” berarti siap sedia setiap saat, sedangkan “Bhakti” memiliki arti berbakti, dan “Yojana” mengandung arti bumi yaitu wilayah Indonesia. “Secara keseluruhan amsal Ubaloka mempunyai makna sebagai anggota Ubaloka di mana pun, kapan pun dan dalam kondisi apapun selalu siap sedia memberikan pertolongan kemanusiaan untuk Gerakan Pramuka, masyarakat dan negara di wilayah Indonesia dengan tidak memandang asal-usulnya” pungkasnya.

Oleh : Parsito Ancu Pers dan Media Kwarcab Banyumas (pramukanews.com)


Like Facebook dan Bagikan di Facebook :




Komentar :